Minggu, 14 Agustus 2011

MENGGUNAKAN BEBERAPA Mengenal Perintah dasar Sistem Operasi (Kelas X)

TOLONG BANTU KAMI UNTUK MENGEMBANGKAN SITUS KAMI HANYA KLIK SAJA TULISAN INI




Untuk Mendownload Tentang ini KLIK DISINI
Extensi di DOS sangat penting, jadi jika anda ingin mengcopy / menghapus / merename (megubah nama dokumen) extensi harus dicantumkan
Jika anda tidak mencantumkan extensi maka di SO DOS akan dianggap sebagai folder (direktori)
Di SO(Sistem Operasi) DOS direktori sama dengan folder di SO Windows

Peintah – Perintah di System Operasi DOS

Berpindah dari Subdirectory ke root directory
Di DOS Direktori (folder dibagi 2) yaitu :
Sub directory
contoh tampilan di Dos
C:\Documents and Settings\server>
Root directori
Contoh :
- C:\ atau D:\ atau E:\ dll
- Sintak
- Cd\ enter
+ C:\Documents and Settings\server>cd\ enter

Perintah Root directori ke sub directori
misal kita akan masuk ke sub direktori windows di drive C
Sintak (perintah)
Cd [nama direktori] “tanpa tanda kurung”
- C:\>cd windows enter
Tampilan dilayar akan menjadi
- C :\windows>

Menampilkan isi directori
C:\>dir enter
- Artinya : melihat isi directori drive C

Menampilkan data perhalaman
C:\windows>dir/p enter

Menampilkan data berbentuk kolom
C:\windows\dir/w

Membuat direktori / folder
Sintaknya
Md [nama direktori]
C:\ md saya enter
- Membuat direktori di drive C dengan nama saya

Berpindah drive
Nama drive : enter
Contoh D: artinya berpindah ke drive D
Sehingga tampilannya menjadi D:\>

Menghapus direktori
Sintaknya
RD [nama direktori]
Misal kita akan menghapus direktori dgn nama “saya” di drive C sintaknya adalah
C:\>RD saya enter

Menggandakan dokumen
Copy [nama dokumen yang dikopi] [direktori tujuan]
Contoh :
C:\> Copy *.txt d:\
Artinya mengopi seluruh file yang ber extensi .txt (text) di drive d

Mengganti nama dokumen
Sintak
REN [nama dokumen lama] [nama dokumen baru]
Contoh
c:\>ren aku.txt saya.txt
Artinya :
mengganti nama aku dengan nama saya

Menghapus dokumen
Sintak
DEL [nama dokumen]
Misal
C:\>del saya.txt
Artinya :
Menghapus dokumen dengan nama saya di drive c

0 komentar:

Posting Komentar

Bijak adalah hal utama